Kenapa Telur Burung Lovebird Menetas tidak bersamaan

Posted on

Jika anda sedang mencari jawaban Kenapa Telur Burung Lovebird Menetas tidak bersamaan? bisa di pastikan teman teman adalah peternak lovebird pemula atau orang yang akan menekuni budidaya burung lovebird. Banyak peternak lovebird khususnya yang pemula pasti khawatir telur burung lovebirdnya menetas tidak bersamaan. namun anda tidak usah khawatir asalkan jarak tetasnya masih wajar. sebab jarak tetas di pengaruhi juga jarak telur burung lovebird tersebut. kita sering menjumpai burung lovebird yang jarak telur pertama sampai telur teakhir bisa lebih dari satu minggu.

Jika jarak tetasnya masih tergolong wajar kita tidak perlu khawatir. namun jika sudah sampai hampir seminggu telur juga belum menetas dan kita cek telurnya isi sebaiknya kita segera ambil anakan yang sudah menetas tadi agar burung lovebird tetap mau mengerami telurnya. sebab jika sudah terlalu lama lovebird akan cenderung meloloh anakanya yang sudah menetas terlebih dahulu dan tidak mau mengerami lagi. jika ini sampai terjadi maka bisa di pastikan telur tidak akan menetas. untuk mengatasinya ya di ambil anakanya tadi, jika teman teman sudah siap meloloh juga tentunya. jika tidak siap meloloh yang biarkan saja. tak perlu mengambilnya.

telur lovebird menetas tidak bersamaan
telur lovebird menetas tidak bersamaan

Tips mengatasi agar telur menetas bersamaan

Banyak cara di lakukan peternak untuk mengatasi telur yang tidak menetas secara bersamaan ini. salah satu yang sering di lakukan yaitu mengambil telurnya kemudian menyimpannya. tujuannya agar telur di erami secara bersamaan. namun langkah langkah sebelumnya teman teman harus menyiapkan telur palsu atau telur yang rusak ( jika ada ). setiap burung lovebird bertelur maka telur kita ambil di ganti dengan telur palsu. saat sudah mau mengerami telur palsu di ambil lagi di ganti dengan telur asli. namun ini punya resiko kalau kita tidak hati hati saat mengambilnya. agar telur tidak rusak atau burung lovebird bisa stress tidak mau mengerami telurnya.