Penyebab Anakan Burung Lovebird Mati Dini Mendadak Di Glodok

Posted on

Penyebab Anakan Burung Lovebird Mati Dini Mendadak Di Glodok ada beraneka ragam. Semuanya akan kita bahas untuk kali ini. jadi teman teman tidak usah khawatir lagi bagaimana mencegah anakan lovebird mati mendadak di glodok. Sebelum terjun kedunia ternak love bird sebaiiknya kita pelajari dulu hal hal yang bisa menjadi kendala dalam beternak, selain untuk memaksimalkan hasil juga untuk meminimalisir resiko.

Penyebab anakan lovebird mati mendadak sebenarnya ada beberapa macam, mulai dari faktor internal burung tersebut sampai pada faktor eksternal seperti perawatan kandang dan pakan. jadi untuk mengantisipasinya juga berbeda beda. mari kita bahas itu semua satu per satu.

Penyebab Anakan Burung Lovebird Mati Dini Mendadak Di Glodok
Penyebab Anakan Burung Lovebird Mati Dini Mendadak Di Glodok
  • Anakan Lovebird Mati Mendadak karena di makan indukan

Adakalanya seekor burung lovebird akan mematuk anakan sendiri yang bisa mengakibatkan anakan sampai mati. Hal ini biasanya di karenakan burung lovebird stres atau karena birahi burung jantan lagi tinggi. jika ini terjadi cara aman yang bisa di lakukan yaitu segera ambil anakan yang sudah menetas dan loloh sendiri. sebab jika di biarkan terus menurus indukan juga tak akan mau meloloh anaknya. kemudian pisahkan indukan agar segera bertelur kembali.

  • Indukan Burung Lovebird Stress sehingga tidak mau meloloh

Indukan burung lovebird yang stress biasanya tidak mau meloloh anakannya, penyebab indukan stress ada beraneka ragam. misalnya kita yang sering membuka menutup glodok. atau kondisi kandang yang kotor. jika sudah begini solusi terbaik cuma satu yaitu mengambil anakan dari glodok dan memberi makan dengan sendok atau spet.

  • Banyak kutu atau semut di dalam glodok

Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi jika kita rajin membersihkan kandang atau glodok setelah selesai di gunakan. untuk semut cara efektif yaitu menggunakan kapur ajaib. lingkari daerah yang di gunakan semut untuk lewat masuk ke dalam glodok. sebab semut kadang kala bisa mematikan anakan lovebird terlebih lagi yang masih kecil.

  • Suasana sekitar Kandang yang tidak kondusif

Contoh suasana yang tidak kondusif saat lovebird meloloh anaknya adalah suasana ramai atau gaduh. Hal ini bisa membuat lovebird stres. atau kondisi kandang yang kotor.

  • Pemberian Pakan yang kurang berkualitas

Saat kondisi indukan meloloh pemberian pakan harusnya lebih baik dari saat saat biasanya. sebab pada kondisi ini selain untuk makan dirinya sendiri burung lovebird juga memberi makan anakannya. jika pemberian pakan kurang bisa berakibat pemberian makan anakan juga berkurang.

  • Anakan burung lovebird sakit

Penyebab kematian anakan salah satunya adalah penyakit, penyakit ini bisa berasal dari virus atau bakteri yang ada di kandang. bisa juga indukan sedang sakit sehingga menular ke anakan burung lovebird. untuk menjaga agar terhindar penyakit sebaiknya jaga kondisi kandang agar tetap steril serta pidahkan indukan jika terlihat indikasi mulai sakit.

Baca Juga :

Itulah beberapa Penyebab Anakan Burung Lovebird Mati Dini Mendadak Di Glodok yang kami ketahui dan cara mengatasinya. jika teman teman punya pengalaman lain bisa sharing di sini atau kirim di fanspage kami. agar teman teman yang lain bertambah wawasan dalam ilmu budidaya burung lovebird.