Keunggulan dan Kekurangan Kandang Baterai dalam Beternak Lovebird

Posted on

Saat ini banyak sekali peternak burung lovebird di tanah air. Hal ini senada dengan perkembangan burung lovebird yang makin di nikmati oleh semua kalangan. dukungan terhadap peternak juga tak dapat di pungkiri mampu mendorong perkembangan tersebut. Bahkan di suatu daerah ada sebuah kampung yang hampir seluruh warganya memelihara burung lovebird. sampai sampai kampung tersebut di juluki kampung lovebird.

Dalam beternak burung lovebird ada beberapa jenis kandang yang biasa dipakai. Kandang jenis koloni dan kandang jenis baterai paling banyak di minati saat ini. namun untuk kali ini kita hanya akan membahas keunggualan dan kekurangan beternak lovebird dengan kandang jenis baterai saja. kandang baterai yang beredar saat ini sebagian besar terbuat dari kawat besi . untuk harga kandang baterai bervariasi tergantung ukuran dan tentunya merek.

Keunggulan Beternak dengan Kandang Lovebird Jenis Baterai

Keunggulan dan Kekurangan Kandang Baterai dalam Beternak Lovebird
Keunggulan dan Kekurangan Kandang Baterai dalam Beternak Lovebird
  • Aman dari penyakit yang menular

Dalam beternak lovebird tak selamanya berjalan mulus, kadang kala burung kesayangan anda bisa terkena penyakit. Nah mungkin ini pula yang menjadikan kandang baterai mampu mengurangi penyebaran penyakit sebab burung lovebird akan di letakan pada kandang masing masing. sehingga burung yang sakit tidak akan menular.

  • Burung Bebas Gangguan dari burung lain

Sering terjadi pada sistem kandang koloni atau umbaran saat ada betina mengeram atau sedang meloloh anakannya mendapat gangguan dari burung lain. hal ini dapat di atasi dengan sistem kandang baterai sebab dalam kandang hanya pasangannya saja.

  • Tidak Berebut Glodok

Kadang kala pada sistem beternak burung lovebird dengan cara koloni kita sudah menyediakan 5 buah glodok untuk 4 pasangan lovebird. namun sering terjadi hanya 2 glodok yang di pakai. dari 4 pasang tadi berebut glodok padahal ada glodok yang kosong. hal ini di tidak akan terjadi pada sistem baterai.

  • Menghasilkan keturunan yang sesuai yang kita inginkan

Beberapa peternak yang ingin menghasilkan warna tertentu biasanya akan memilih sistem kandang baterai dalam menjodohkan lovebird. dengan harapan dapat memperoleh anakan seperti yang di inginkan. sebab dalam kandang koloni kita kadang tidak tahu lovebird mana yang akan berpasangan dengan lovebird satunya. lovebird akan memilih pasangannya sendiri. tidak seperti pada kandang baterai kita yang memilihkan.

 

Kekurangan Beternak Lovebird dengan kandang baterai

Keunggulan dan Kekurangan Kandang Baterai
Keunggulan dan Kekurangan Kandang Baterai
  • Modal yang di butuhkan lebih besar

Jika teman teman memiliki 5 buah pasang lovebird dan ingin membudidayakan dengan kandang jenis baterai secara otomatis teman teman memerlukan 5 buah kandang. Berbeda jika teman teman ingin menggunakan sistem koloni yang hanya membutuhkan 1 buah kandang saja. tentunya harga 5 buah kandang lebih mahal dari pada satu buah kandang.

  • Indukan Lovebird Mudah berlemak

Rata rata yang beredar saat ini kandang jenis baterai berukuran kecil. hal ini berimbas pada ruang gerak burung lovebird yang sempit. karena jarang gerak maka lemak yang ada pada burung lovebird akan tertimbun.

  • Indukan Lovebird lebih mudah Stress

Kekurangan lain yang ditunjukan dalam system battery adalah kondisi burung yang mudah stress. Karena dalam kandang battery burung tidak akan bebas bergerak seperti yang terlihat dalam system koloni. Tentunya dengan memilih system battey harus memiliki strategi agar burung yang ditangkarkan tidak mudah stress yang pastinya akan mengakibatkan buruk pada burung kita.

  • Boros Waktu perawatan

Waktu yang di butuhkan untuk merawat burung lovebird dengan kandang baterai jelas lebih banyak daripada kandang koloni. hal ini sebab pada kandang jenis baterai harus membersihkan satu satu.

Mungkin cukup itu saja uraian dari kami tentang kekurangan dan keunggulan beternak burung lovebird dengan kandang jenis baterai. semua kita kembalikan ke teman teman mau seperti apa sistem yang ingin di aplikasikan. sebab secara garis besar hanya teman teman sendiri yang memahami kebutuhan teman teman.

Baca Juga: