Contoh Cara membuat Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana

Posted on

Selamat pagi sahabat Burung Lovebird. Jika teman teman ingin menekuni Ternak Burung Lovebird sebagai modal dasar teman teman harus belajar apa saja yang harus di siapkan sebelum membeli Burung Lovebird.  Ada banyak hal yang harus teman teman pelajari mulai dari menyiapkan kandang, membedakan Lovebird jantan dan betina, dan juga memberi pakan lovebird baik itu dewasa ataupun anakan. semua itu harus teman teman siapkan secara matang agar tidak terjadi kendala saat sudah terjun ke bisnis ini. dan yang tak kalah pentingnya dalam menekuni bisnis budidaya burung lovebird faktor ketekunan dan kesabaran cukup menjadi penentu.

Untuk kandang burung lovebird sendiri di bedakan menjadi beberapa model tergantung sistem budidaya yang mau di pilih. ada sistem koloni dan sistem perjodohan. untuk kali ini kita akan sedikit membahasa tentang sistem kandang koloni. Tujuan menggunakan sistem koloni adalah menghemat sang jantan yang akan dipakai untuk mengawini sang betina.Perlu anda ketahui satu induk jantan bisa mengawini 3-4 ekor induk betina.Berdasarkan pengalaman sang master burung lovebird dalam poligami lovebird menggunakan rasio 1:3 yaitu satu ekor jantan akan mengawini 3 ekor betina.

Contoh Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana
Contoh Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana
Contoh Cara membuat Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana
Contoh Cara membuat Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana
Gambar Cara membuat Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana
Gambar Cara membuat Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana

Menyiapkan Kandang Koloni Lovebird Sederhana

Buatlah kandang dengan ukuran 2,5 x 2 meter persegi dan tingginya 2 meter.Kemudian siapkan kotak sangkar atau glodok dengan jumlah melebihi pasangan lovebird didalam kandang.Contoh misalkan anda memsukkan 3 ekor betina dan 3 ekor burung jantan usahakan jumlah sarangnya 4 unit atau lebih sehingga burung akan lebih leluasa untuk memilih sendiri sarang yang diinginkannya.

Cara seperti ini lebih efektif karena burung akan mencari pasanganya sendiri dan terjadi perkawinan secara alami.Dalam kandang koloni karakter monogami burung akan terlihat dengan jelas.Walaupun didalam kandang tersebut terdapat beberapa burung betina,baik yang sudah menemukan jodohnya ataupun yang belum.

Mnfaat Beternak Lovebird dengan sistem kandang koloni

1.Sangat Idela Apabila Anda Tidak Mempunyai Lahan Yang cukup Luas
2.Burung Cenderung tidak akan mudah mengalami stress
3.Sangat meminimalisir biaya dalam pengadaan kandang
4.Perawatan lebih mudah dan sangat menyingkat waktu anda.
5.Burung dapat leluasa memilih pasangannya sesuai dengan selera.

Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana
Kandang Koloni Ternak Lovebird sederhana

Demikian sedikit ulasan dari kita tentang Beternak Burung Lovebird dengan sistem  kandang koloni. apabila teman teman ada contoh kandang lainnya bisa kirim di fanspage kita atau di kontak. agar teman teman bisa share pada yang ingin belajar beternak lovebird. dan untuk teman teman yang sudah terjun ke bisnis ini. semangat ya gaaesss

Baca Juga: